Rabu, 16 Februari 2011

Aku Cinta Indonesia

Penandatanganan MOU Kampanye Aku Cinta Indonesia:
Upaya Perkokoh Pondasi Nation Branding
SIARAN PERS
Pusat HUMAS Departemen Perdagangan
Jl. M.I Ridwan Rais No. 5, Jakarta 10110
Phone/Fax: 021-23528400/23528456
www.depdag.go.id
Jakarta, 27 Juli 2009 – Komitmen pemerintah melakukan kampanye ’Aku Cinta Indonesia’ (ACI) membutuhkan partisipasi semua pihak. Keterlibatan seluruh departemen, instansi pemerintah, dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sangatlah penting agar gerakan ini dapat berlangsung dengan baik. Sehubungan hal tersebut, Departemen Perdagangan, Departemen Komunikasi dan Informasi, Kementerian Negara BUMN dan BUMN-BUMN terkait, hari ini melakukan penandatanganan MOU kampanye ’Aku Cinta Indonesia’ di Jakarta.

Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu mengatakan, pemerintah tidak aktif bekerja sendiri dan sangat membutuhkan peran dan kerjasama semua lapisan masyarakat, termasuk para pelaku usaha, baik perusahaan swasta maupun BUMN. ”Penandatanganan MOU ini diharapkan dukungan pelaksanaan kampanye ACI dapat segera dilaksanakan. Kita harapkan dukungan semua pihak, kampanye ini akan menjadi sebuah gerakan, sehingga produk indonesia dapat menjadi tuan rumah di negaranya sendiri. Gerakan dan kampanye ACI dapat menjadi semangat dalam melakukan peningkatan dan menjadikan produk Indonesia lebih kompetitif,” tambah Mendag.

Keterlibatan perusahaan BUMN dalam kampanye ACI sangatlah diperlukan. Perusahaan BUMN dapat menyelipkan logo dan kampanye cinta Indonesia dalam iklan layanan masyarakatnya, juga melalui materi-materi komunikasi baik internal maupun eksternal, iklan TV dan media cetak. Ini bisa menjadi langkah efektif untuk melibatkan konsumen dan komunitas agar berpartisipasi aktif menggalang gerakan ACI. Sebagai contoh, perusahaan transportasi dapat menayangkan logo dan kampanye cinta Indonesia pada media audio visual di setiap armadanya. Selain itu, melalui buletin bulanan, majalah yang ditujukan bagi nasabah, pemasangan iklan di sentra layanan konsumen yang dimiliki perusahaan BUMN masing-masing dapat membantu menyebarluaskan informasi yang menyibak fakta tentang keunggulan-keunggulan produk atau jasa Indonesia.

Mendag menambahkan, BUMN juga dapat berperan serta dalam kampanye ACI sebagai sponsor kampanye, baik di media cetak dan elektronik. Depdag telah memproduksi iklan TV dan beberapa iklan cetak dimana penayangannya membutuhkan partisipasi perusahaan-perusahaan BUMN.
Kampanye ACI diupayakan agar berlangsung dinamis dan inspiratif, mampu menggugah masyarakat untuk terlibat aktif mencintai, membanggakan, membeli serta menggunakan produk Indonesia. Siapa lagi yang akan cinta, bangga, mau membeli dan memakai produk Indonesia kalau bukan kita sendiri. Kita mulai kecintaan terhadap produk indonesia dari diri sendiri dan menularkannya kepada keluarga, lingkungan dan masyarakat. Anak-anak harus didorong terus untuk lebih mengenal alam indonesia, masakan nusantara, pakaian, Sepatu, musik, film serta produk-produk buatan dalam negeri sehingga mereka menghargai hasil karya bangsa sendiri sejak dini.

Kampanye ACI semakin relevan dalam situasi paska pemboman serta krisis ekonomi global saat ini dan bisa menjadi batu pijakan dalam membangun kembali kesadaran akan pentingnya menggunakan produk dalam negeri. Rasa nasionalisme akan membantu mendorong tumbuh dan berkembangnya industri nasional agar Indonesia mampu bersaing di pasar dunia.

”Kita harus jadikan rasa cinta Indonesia ini sebagai sebuah gerakan bersama (collective movement), karena rasa cinta dan bangga ini akan membantu bangsa indonesia memposisikan diri sebagai bangsa kreatif di antara bangsa lainnya di dunia. Dan dengan kondisi paska pemboman, kampanye ini akan membantu bangsa indonesia menyusun kembali rasa percaya dirinya, sehingga akhirnya dengan bangga kita dapat mengatakan bersama 100% Cinta Indonesia!,” jelas Mendag.

Read more about Kampanye Aku Cinta Indonesia | Pusat Grosir Sepatu dan Tas - GrosirSepatuTas.com by www.grosirsepatutas.com

0 komentar:

Posting Komentar